kievskiy.org

7.200 Calon Haji Kloter Pertama Tiba di Madinah, Disambut Cuaca Panas 40-50 Derajat Celcius

Ilustrasi - Jamaah calon haji melakukan lapor diri di Makkah Route di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu 12 Mei 2024.
Ilustrasi - Jamaah calon haji melakukan lapor diri di Makkah Route di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu 12 Mei 2024. /Antara/Muhammad Iqbal

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 7.200 Jemaah Calon Haji Indonesia kloter pertama mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Minggu 12 Mei 2024. Kedatangan para tamu Allah tersebut langsung disambut 365 Petugas Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah.

Seperti terpantau di Abraj Towers Hotel, salah satu lokasi pemondokan jamaah haji di wilayah Sektor 2 Daker Madinah. Petugas PPIH bersiaga di sektor masing-masing.

PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan segala keperluan untuk melayani JCH di hotel tersebut. Di Taba Towers Hotel ini, jumlah jemaah yang masuk sebanyak 833 orang dari embarkasi JKG 01.

Sejumlah fasilitas pun disiapkan, seperti kursi roda untuk melayani jemaah berusia lanjut atau lansia, disabilitas, atau yang kelelahan. Petugas kamar juga siaga menyiapkan kamar hotel agar ketika para jamaah datang dapat langsung beristirahat.

Sementara itu, pihak hotel juga tampak sibuk untuk menyambut tamu Allah dengan berbagai hal. Ada hal menarik dari pihak hotel bagi para jemaah calon haji, karena menyiapkan bingkisan berisi Al-Qur'an, sajadah, dan tasbih yang akan diberikan secara cuma-cuma pada jemaah.

Menurut PPIH sektor 2, bingkisan itu merupakan sadaqah pihak hotel yang nantinya akan diberikan pada para jemaah yang menginap di sana. Termasuk juga pihak hotel menyiapkan aneka makanan dan minuman. Selain itu, coklat untuk disuguhkan kepada jemaah calon haji Indonesia.

Puluhan Jemaah Lansia di Kloter Pertama

Jemaah calon haji Indonesia kloter pertama Emberkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) sudah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Para jemaah haji asal Indonesia itu, tiba di Bandara AMAA Madinah pada Minggu 12 Mei 2024 sekira pukul 7.00 waktu setempat.

Dari total 393 jemaah, sebanyak 79 orang di antaranya yang masuk kategori lanjut usia (lansia). Masuk ke Arab Saudi, Para jemaah calon haji Indonesia itu melalui jalur fast track.

"Untuk kloter yang pertama, sejumlah 393 jemaah haji, yang mendarat yaitu JKG 01. Kami sudah siap menerima kedatangan JKG 01 dan akan keluar melalui pintu fast track," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Abdillah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat