kievskiy.org

1.900 Orang Desak Jokowi Lockdown Indonesia: Bukan Waktunya Pikirkan Ekonomi dan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Instagram/@jokowi

PIKIRAN RAKYAT - Lapor Covid-19, koalisi masyarakat sipil yang memiliki perhatian terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam surat itu, Lapor Covid-19 menggambarkan betapa daruratnya situasi pandemi di Indonesia saat ini.

Mereka menuntut Presiden Jokowi segera mengambil langkah agar situasi tak semakin memburuk.

Ada 10 langkah yang direkomendasikan Lapor Covid-19 untuk segera dilakukan Presiden Jokowi, salah satunya memberlakukan kebijakan karantina wilayah (lockdown).

Baca Juga: DPR Panasi Kapolri Bongkar Jalur Sepeda 'Anies', Geisz Chalifah: Rakyat Biasa Lebih Cerdas dari Wakilnya

"Bapak Jokowi yang bijak, dalam situasi darurat kesehatan publik seperti sekarang, bukan waktunya memikirkan ekonomi. Bukan waktunya memikirkan investasi. Bukan waktunya memikirkan infrastruktur. Kami tidak meminta banyak," tulis mereka dalam surat itu.

"Cukup berhenti sementara memikirkan hal-hal tersebut dalam kurun waktu 3 bulan ke depan dan konsentrasi penuh menyelesaikan masalah pandemi yang semakin parah ini. Semakin Bapak menunda tindakan yang tegas, semakin besar dampak yang harus ditanggung."

Selain meminta segara memberlakukan lockdown, tuntutan lain yang mereka ajukan di antaranya adalah meningkatkan tes dan lacak, memberi bantuan sosial kepada masyarakat, menunda pembukaan sekolah tatap muka, mempercepat vaksinasi gratis dengan memprioritaskan kalangan lanjut usia.

Baca Juga: Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Lengkap dengan Syarat-Syarat

Meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan, perkuat fasilitas kesehatan untuk Puskesmas,  pembayaran insentif tenaga kesehatan sesuai tanggal yang dijanjikan, kesediaan alat penunjang kesehatan seperti kasur, tabung oksigen, obat-obatan, fasilitas tes, hingga reaktivasi rumah sakit atau fasilitas kesehatan tambahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat