kievskiy.org

105.000 APD Segera Didistribusikan ke Sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19

APD yang siap didistribusikan oleh pemerintah Indonesia.*
APD yang siap didistribusikan oleh pemerintah Indonesia.* /NOVIANTI NURULLIAH/PR

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah mendistribusikan sebanyak 10.000 alat pelindung diri (APD) kepada sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 dan dinas kesehatan seluruh provinsi di Tanah Air.

“APD tersebut didistribusikan sejak Sabtu malam (21 Maret 2020) hingga Minggu pagi (22 Maret 2020),” ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi di Jakarta, Minggu 22 Maret 2020 sore.

Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 selanjutnya juga akan segera mendistribusikan 95.000 APD ke seluruh Indonesia demi pemenuhan kebutuhan sesuai skala prioritas.

Baca Juga: Virus Corona Sudah Sampai Sumedang, Pasien Positif Terpapar di Bandung

“Meski akan didistribusikan ke seluruh Indonesia, tentunya gugus tugas telah memiliki daftar skala prioritas daerah mana yang sangat membutuhkan,” ucap Oscar.

Lebih lanjut menurut Oscar, pendistribusian tersebut dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas Mengenai Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 yang diselenggarakan pada Kamis, 19 Maret 2020.

Dalam ratas tersebut, Presiden meminta perlindungan maksimal untuk para dokter, tenaga medis, dan jajaran yang berada di rumah sakit yang melayani pasien yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Cegah Dampak Virus Corona, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Fasilitasi Mobil Jemputan untuk Karyawan Rans Entertainment

“Pastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) karena mereka berada di garis terdepan sehingga petugas kesehatan harus terlindung dan tidak terpapar oleh Covid-19,” ujar Presiden dalam ratas tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat