kievskiy.org

16.990 ASN Siap Dipindahkan ke IKN Tahun Tahun 2024, Fasilitas Pendukung Dipastikan Siap Pakai

IKN Nusantara.
IKN Nusantara. /Instagram @kemenpupr.

PIKIRAN RAKYAT – Pada 2024 nanti, fasilitas pendukung Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) diupayakan sudah siap pakai. Sekolah, rumah sakit, pasar, dan fasilitas lainnya dipastikan siap sebelum para ASN tersebut pindah ke IKN.

Sekretaris Otorita IKN Ahmad Jaka Santos Adiwijaya menyatakan kesiapan tersebut, mengingat sebanyak 16.990 ASN akan diberangkatkan ke IKN sebagai penyelenggara negara gelombang pertama, dari kalangan ASN, TNI, dan Polri.

"Untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup seperti pasar, sekolah, rumah sakit dan lain-lain sudah direncanakan sejak awal dan pasti siap seiring dengan perpindahan ASN tahun 2024," ujar Jaka Santos dalam rilis Tim Komunikasi OIKN yang diterima di Samarinda, Minggu, 26 Maret 2023.

Dia melanjutkan, pemerintah telah mempersiapkan seluruh mekanisme pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN secermat dan seteliti mungkin. Pemindahan akan berlangsung tahun depan, di 2024.

Baca Juga: Arsul Sani Soal Tantangan Mahfud MD: InsyaAllah Saya Juga Akan Hadir, Supaya Jelas Masalahnya

Seiring persiapan bergulir, pemerintah, kata Jaka kini tengah konsisten menggenjot pembangunan sejumlah fasilitas. Selain sarana kerja, pemerintah juga berjanji akan menyediakan fasilitas penunjang keamanan ASN di IKN, misalnya tempat olahraga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lain-lain.

Jaka menilai, fasilitas-fasilitas untuk ASN ini bukan ide dadakan, apalagi wacana kemarin sore. Pasalnya, pembangunannya telah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

Di antaranya ada rumah sakit bertaraf internasional di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Lalu ada fasilitas pendidikan yang layak hasil kerja sama dengan lembaga pendidikan.

Baca Juga: Kapal BBM Pertamina Terbakar di Mataram, Insiden Telan Korban Jiwa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat