kievskiy.org

Bangkitkan UMKM di Jawa Barat, Transaksi Digital Digalakkan di Festival Diskon Nasional

Jumpa pers Festival Diskon Nasional.
Jumpa pers Festival Diskon Nasional. /Pikiran-rakyat.com/Yulistyne

PIKIRAN RAKYAT - Peranan UMKM lokal dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia terus digenjot. 

Salah satunya kegiatan festival diskon nasional yang mempromosikan banyak produk UMKM tanah air, termasuk Jawa Barat. 

 Regional CEO Bank Mandiri Jawa Barat, Sulaeman mengatakan, UMKM menjadi sektor yang paling terdampak pandemi covid-19. 

 Baca Juga: Puluhan Guru di Cianjur Positif Covid-19, Pemkab Kaji Ulang Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka

Oleh karena itu, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang memiliki fungsi agen pembangunan, korporasinya terus berinisiatif untuk meningkatkan nilai tambah yang dihasilkan UMKM yang menjadi binaan.  

Inisiatif tersebut ditunjukkan diantaranya kolaborasi antara Bank Mandiri bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar. Kemudian, melakukan edukasi dan implementasi digitalisasi transaksi kepada pelaku bisnis UMKM.

Digitalisasi transaksi UMKM, lanjutnya, bertujuan untuk memberikan kemudahan untuk memasarkan produknya melalui berbagai platform belanja daring. Misalnya yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri, omnichannel platform, hingga platform berbasis Whatsapp. 

 Baca Juga: KPK Tutup Buku 2020 Sisakan 7 DPO Termasuk Harun Masiku, Firli Bahuri Singgung Pimpinan Masa Lalu

Seluruh platform tersebut disesuaikan dengan preferensi pelanggan dari masing – masing UMKM dan tentunya memberikan pengalaman baru bagi pelanggan dalam berbelanja produk UMKM dengan tetap menerapkan social distancing.

“Hal tersebut sejalan dengan fokus utama dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabarterkait pemberdayaan UMKM melalui akses pembiayaan dan fasilitasi pemasaran melalui Whatsapp for Business sebagaimana yang disampaikan Pak Kadis,” ujarnya dalam pertemuan dengan Kepala Dinas KUK Jabar Kusmana Hartadji didampingi Kepala Dinas KUK Kota Bandung Atet Dedi Handiman, Selasa, 29 Desember 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat