kievskiy.org

Kemenkeu Antisipasi PPKM Darurat, Siapkan Dana Rp2,33 Triliun

Ilustrasi rupiah. PPKM Darurat bakal sulit, Kemenkeu menghadapinya dengan mempersiapkan dana untuk memberi subsidi pada masyarakat.
Ilustrasi rupiah. PPKM Darurat bakal sulit, Kemenkeu menghadapinya dengan mempersiapkan dana untuk memberi subsidi pada masyarakat. /Pixabay/EmAji

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memastikan anggaran untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat telah disiapkan.

Dia menyatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan memberikan tambahan perlindungan, terutama bagi masyarakat terbawah.

“Dengan total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp2,33 triliun,” ucap Sri Mulyani Indrawati, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Instagram @smindrawati, Sabtu 3 Juli 2021.

selain itu, bantuan sosial tunai juga akan diperpanjang selama dua bulan untuk 10 juta PKM dengan total anggaran Rp6,1 triliun.

Baca Juga: Akun Instagram Jerinx Hilang, dr Tirta Ceritakan Ancaman Serius dari Suami Nora Alexandra

“Stimulus diskon listrik bagi pelanggan rumah tangga dan subsidi biaya abodemen bagi pelaku usaha juga akan diperpanjang dari 6 bulan ke 9 bulan. Artinya, akan diberi diskon sampai September 2021,” tutur Sri Mulyani Indrawati.

Dia pun memastikan bahwa Pemerintah akan melakukan percepatan penyaluran BLT Desa, serta penyaluran PKH dan kartu sembako.

Hal itu diharapkan dapat memberikan ketahanan sosial bagi masyarakat yang sangat terdampak akan pelaksanaan PPKM Darurat.

“Untuk kalangan UMKM, pemerintah akan menambah target penerima bantuan produktif hingga 3 juta penerima. Selain itu, program kartu prakerja juga akan dilanjutkan,” ujar Sri Mulyani Indrawati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat