kievskiy.org

Cara Cek Diskon Tarif Listrik, Pelanggan PLN 450-900 VA Dapat Subsidi hingga Desember 2021

Petugas PLN mengecek token listrik.
Petugas PLN mengecek token listrik. /Dok. PLN


PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah kembali memperpanjang pemberian diskon tarif listrik PLN untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi hingga Desember 2021.

Diskon tarif listrik ini sebelumnya hanya sampai September 2021. Namun, pemerintah memperpanjang stimulus listrik untuk mendukung kebijakan PPKM.

"Perpanjangan stimulus ketenagalistrikan meliputi diskon tarif tenaga listrik bagi pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA, pelanggan bisnis kecil 450 VA, dan pelanggan industri kecil 450 VA," kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 29 Juli 2021, dikutip dari Antara.

Subsidi listrik PLN termasuk pembebasan biaya beban abodemen dan penerapan ketentuan rekening minimum kepada pelanggan sosial, bisnis, industri dan juga pelayanan sampai dengan Desember 2021.

Baca Juga: Gagal Melenggang ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2021, Kevin Sanjaya: Inilah Hidup

Penerapan pembebasan rekening minimum diberikan sebagai bentuk stimulus dari PLN untuk sektor usaha.

Sebanyak 25 golongan pelanggan tersebut, selain mendapatkan stimulus juga mendapatkan subsidi, dengan besaran selisih BPP dengan margin 7 persen dengan tarif tenaga listrik yang berlaku.

"Selain diberikan subsidi, juga diberikan stimulus oleh pemerintah selama pandemi. Sebagai contoh untuk pelanggan rumah tangga 450 VA selama ini telah diberikan subsidi, sampai Desember 2021 nanti juga diberikan diskon tarif 50 persen rekening listrik atau pembelian token," kata Ida Nuryatin.

Perpanjangan stimulus dan subsidi tarif listrik ini diberikan oleh pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak penerapan kebijakan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Sri Mulyani: Kini BLT Desa Cair Langsung 3 Bulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat