kievskiy.org

Pinjol 'Makan' Banyak Korban, Menkominfo: Tidak Akan Buka Ruang dan Kompromi

Ilustrasi pinjaman. Wali Kota Bandung Ode M. Danial prihatin banyak warga Kota Bandung terjerat Pinjol dan rentenir.
Ilustrasi pinjaman. Wali Kota Bandung Ode M. Danial prihatin banyak warga Kota Bandung terjerat Pinjol dan rentenir. /Pixabay/Rilsonav

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kepada jajarannya untuk memperhatikan dan melaksanakan tata kelola pinjaman online (pinjol) dengan baik saat memimpin rapat yang membahas hal tersebut pada Jumat siang, 15 Oktober 2021.

Pernyataan Jokowi itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam keterangan pers bersama Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Ia menyebutkan bahwa Presiden sangat menekankan tata kelola pinjol yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik.

“Dalam rapat internal bersama Bapak Presiden dibahas, dibicarakan secara khusus terkait dengan tata kelola pinjaman online," kata Menkominfo Johnny G. Plate.

Baca Juga: Daftar 23 Aplikasi Pinjol Ilegal yang Diamankan Polda Jabar

"Bapak Presiden menekankan betul bahwa tata kelola pinjaman online harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik,” ujarnya lagi.

Johnny G. Plate menyampaikan bahwa dalam rapat diputuskan jika OJK akan melakukan penghentian, sementara pemberian izin fintech pinjol.

“Mengingat banyak sekali penyalahgunaan atas tindak pidana di dalam ruang pinjaman online, maka Bapak Presiden memberikan arahan yang sangat tegas tadi. Pertama, OJK akan melakukan moratorium untuk penerbitan izin fintech atas pinjaman online legal yang baru,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan melakukan moratorium penerbitan penyelenggara sistem elektronik untuk pinjol yang baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat