kievskiy.org

Indonesia Diramalkan Tingkatkan PDB, Jokowi kepada Inggris: akan Sangat Kami Hargai

 Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 11 November 2021.
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 11 November 2021. /Setkab

PIKIRAN RAKYAT – Didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Elizabeth Truss di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis, 11 November 2021.

Pertemuan antara Jokowi dengan Menlu Inggris Elizabeth Truss membahas tentang fokus kerja sama ekonomi strategis sebagai tindak lanjut pembicaraan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi memaparkan fokus kerja sama yang meliputi pertukaran pasar karbon; investasi bersama Indonesia–Inggris; serta vaksin dan bioteknologi.

“Pertama, kerja sama antara London Stock Exchange (LSE) dan Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam pembentukan pertukaran pasar karbon atau carbon market exchange,” kata Jokowi.

Baca Juga: Target Cetak 500.000 Wirausaha per Tahun, PDB dari KUMKM Diproyeksi Jadi 65 Persen pada 2024

Presiden Jokowi dan Menlu Elizabeth Truss membahas investasi bersama Indonesia–Inggris dalam pengembangan produksi katoda di Inggris untuk memenuhi kebutuhan baterai litium di Inggris dan Eropa.

“Indonesia akan menyediakan prekursor yang diperlukan dari pabrik di Indonesia yang dibangun atas investasi bersama kita,” ucapnya.

Selain itu, kerja sama yang lebih erat terkait vaksin dan bioteknologi. Pasalnya, Indonesia telah berkomunikasi dengan Oxford University untuk mengirimkan lebih banyak pelajar dan peneliti.

Menurut Jokowi, pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya membangun lebih banyak HUB untuk vaksin, obat-obatan, dan peralatan medis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat