kievskiy.org

DFW-Indonesia dan FAO Kerjasama Tingkatkan Jangkauaan Penggunaan E-Logbook

PENGGUNAAN E Logbook juga untuk membantu meningkatkan penjualan sumberdaya ikan.*
PENGGUNAAN E Logbook juga untuk membantu meningkatkan penjualan sumberdaya ikan.* /PIXABAY PIXABAY


PIKIRAN RAKYAT - Food and Agriculture Organization (FAO) dan DFW-Indonesia bekerjasmaa meningkatkan tinjauan jangkauan penggunaan E-Logbook.

Program logbook diamanatkan oleh UU 45/2009 tentang Perikanan yang bertujuan untuk mendapatkan data tangkapan yang akurat, terkini dan obyektif.

Koordinator Nasional DFW-Indonesia, Moh Abdi Suhufan mengatakan usaha menjaga kedaulan laut Indonesia dan keberlanjutan sumberdaya ikan membutuhkan alat manajemen untuk memastikan arah dan upaya pengelolaan tersebut dapat memberi manfaat nyata secara ekonomi, sosial dan lingkungan.

Baca Juga: 41 Mahasiswa Disabilitas Netra Diusir dari Wyata Guna Bandung, Dinas Sosial Jawa Barat Siap Tampung

Salah satu alat tersebut adalah pendataan pemanfaatan sumberdaya ikan dengan menggunakan e-logbook.

Abdi mengatakan bahwa logbook sangat penting dalam mendukung upaya pengelolaan perikanan Indonesia.

”Atas dasar itu, untuk memperluas jangkauan penggunaan e-logbook, DFW Indonesia bekerjasama dengan FAO telah melakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan e-logbook di 6 lokasi yaitu Indramayu, Cirebon, Lamongan, Probolinggo, Cilacap dan Pati” kata Abdi di Jakarta,Selasa, 14 Januari 2020.

Baca Juga: Cerita Spirlee Anesta Sanas, Dulu Tukang Laundry, Kini Lulusan Terbaik IPB

Menurut Abdi, pemilihan lokasi tersebut untuk menyasar nelayan skala kecil dan karena pertimbangan masih rendahnya realisasi penggunaan e-logbook oleh nelayan dan pemilik kapal.

Sebelum melakukan pelatihan, DFW-Indonesia telah menyusun manual penggunaan e-logbook yang sederhana bagi nakhoda dan nelayan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat