kievskiy.org

20.000 KK Miskin Akan Terima Pemasangan Listrik Gratis di Jawa Barat

KEPALA  Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono.*
KEPALA Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT –  Sebanyak 20.000 kepala keluarga di Jawa Barat dibidik menerima pemasangan listrik gratis dari pemerintah.

Targetnya, hanya keluarga miskin yang terdata di Dinas Sosial Jabar saja yang menerima bantuan ini.

20.000 KK ini tersebar di wilayah dengan rasio elektrifikasinya masih rendah, seperti di Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Indramayu, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Chelsea Memikirkan Untuk Mencari Pengganti Kepa Arrizabalaga

Menurut Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat (Jabar), Bambang Tirtoyuliono, pemasangan listrik gratis ini, dalam bentuk listrik konvensional atau dari energi terbarukan.

"Dalam program ini kami akan berkoordinasi dengan Dinsos Jabar terkait data keluarga miskin sesuai dengan data terpadu kesejahteraan sosial di Jabar," kata Bambang Tirtoyuliono, kepada wartawan di Bandung, Selasa, 4 Februari 2020, seperti Pikiran-rakyat.com kutip dari Antara.

Tirto menuturkan prioritas warga yang akan mendapatkan listrik gratis tersebut ialah warga yang ada di wilayah dengan rasio elektrifikasinya masih rendah seperti di Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Indramayu dan Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Pemkab Bekasi Siapkan Beasiswa, Hafal 3 Juz Alquran Boleh Pilih Sekolah Tanpa Zonasi

"Dan kami juga sedang menyiapkan dan mengajak forum CSR untuk terlibat dalam kegiatan ini melalui Bappeda Jabar sebagai kordinator CSR karena untuk 20.000 KK tersebut, itu dananya bukan dari APBD tapi dari sumber pendanaan lain yaitu diantaranya CSR perusahaan," kata dia.

Menurut dia, untuk memenuhi target tersebut sudah ada beberapa perusahaan yang siap memberikan listrik gratis bagi warga miskin di Provinsi Jabar.

"Hingga saat ini baru terdata sekitar belasan ribu KK siap dialiri listrik gratis dari beberapa perusahaan maupun BUMN di Jabar yang sudah menyatakan kesediannya," kata dia.

Baca Juga: Menangis di Balik Jeruji Besi, Rey Utami: Saya Kangen Banget sama Anak Saya

Pihaknya optimistis target tersebut bisa terrealisasi karena pada tahun 2019 kemarin sebanyak 21.094 KK miskin Jabar mendapatkan fasilitas pemasangan listrik gratis dari Program CSR.

Dia mengatakan dengan jumlah warga yang telah mendapatkan fasilitas pemasangan listrik gratis tersebut maka rasio elektrifikasi di Jabar bertambah.

Hingga tahun 2018, sebanyak 256.058 KK di Jabar belum teraliri listrik dan pada tahun 2019 berkurang 21.094 KK dan pada 2020 jumlah warga yang rumahnya belum teraliri listrik isa berkurang hingga 20.000 KK.

Sehingga jumlah warga di Jabar yang belum mendapatkan aliran listrik itu tersisa sekitar 215.000 KK.

"Jadi kepala keluarga yang belum teraliri listrik tersebut merupakan kepala keluarga yang berada di perkampungan maupun pedalaman di desa," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat