kievskiy.org

Pendiri OK OCE Indra Uno Ungkap 4 Ide Bisnis untuk UMKM yang Laku di Masa Pandemi

Pendiri OK OCE Indra Cahya Uno saat berkunjung ke Kantor Pikiran Rakyat Media Network (PRMN), Jalan Asia-Afrika, Bandung, 6 Januari 2022.
Pendiri OK OCE Indra Cahya Uno saat berkunjung ke Kantor Pikiran Rakyat Media Network (PRMN), Jalan Asia-Afrika, Bandung, 6 Januari 2022. /Dwi Suiatna/PRMN

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam 2 tahun terakhir tak melulu menghadirkan tantangan, melainkan juga peluang.

Pendiri OK OCE, Indra Cahya Uno, mengungkap sejumlah bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mengalami kemajuan selama pandemi Covid-19.

"Kalau kita lihat statistik, ekonomi kreatif di bidang kuliner itu pangsa pasarnya 40 persen. Fashion mendekati 20 persen. Kerjinan atau craft itu mendekati 16 persen," sebut Indra Uno di Kantor Pikiran Rakyat Media Network (PRMN), Kota Bandung, Kamis, 6 Januari 2022.

"Jadi kita selalu mengatakan kepada teman-teman di OK OCE, kalau mau pasarnya besar, ambil di antara tiga bidang itu atau ketiganya sekalian," kata Indra Uno.

Baca Juga: Gaduh Cuitan Ferdinand Hutahaean, Mahfud MD Jelaskan Maksud Gus Dur Soal 'Allah Tak Perlu Dibela'

Satu bidang usaha lainnya yang sangat potensial untuk dikembangkan pada masa pandemi Covid-19 adalah yang terkait dengan kesehatan.

Indra Uno telah melihat sendiri bagaimana seorang pelaku UMKM di Bandung yang berjualan madu, kebanjiran pesanan selama masa pandemi.

"Dia bilang, 'Saya kewalahan, permintaannya naik.' Jadi, pembelinya sudah gak lagi beli madu dengan kemasan kecil, tapi sudah yang setengah liter atau satu setengah literan," sebut Indra Uno.

Baca Juga: Hasil Kunjungan Komnas PA ke Rumah Gala Sky, Aduan Doddy Sudrajat Akhirnya Terbukti?

"Jadi hal-hal yang terkait dengan kesehatan dan kita juga punya akses pasarnya ke komunitas, itu cenderung lebih mudah bertahannya dan mereka bahkan tidak sedikit yang meningkat usahanya," kata Indra Uno mengimbuhkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat