kievskiy.org

Jepang dan Korea Selatan Minta Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor Batu Bara

Ilustrasi perusahaan batu bara.
Ilustrasi perusahaan batu bara. /Pixabay/stafichukanatoly

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perdagangan Korea Selatan, Yeo Han-koo meminta Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mencabut larangan ekspor batu bara.

Yeo Han-koo saat bertemu dengan Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi menyampaikan keprihatinannya atas larangan ekspor batu bara ini.

Menteri Yeo Han-koo nyatanya meminta kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan agar pengiriman batu bara bisa dimulai kembali.

"Menteri Yeo menyampaikan keprihatinan pemerintah atas larangan ekspor batu bara Indonesia dan sangat meminta kerja sama ke pemerintah Indonesia agar pengiriman batu bara segera dimulai kembali," kata juru bicara Kementerian Perdagangan Korea Selatan, dikutip dari Yonhap News Agency, Sabtu 8 Januari 2022.

Baca Juga: Pesan Xi Jinping kepada Presiden Kazakhstan: China Akan Selamanya Berdiri Bersama Rakyat Kazakh

Sebelumnya Korea Selatan sempat tak merasa keberatan Indonesa menghentikan ekspor batu bara.

Kementerian Industri Korea Selatan mengatakan pihaknya memiliki stok cukup dan mengimpor dari Australia dan negara lain.

"Korea Selatan juga memiliki stok yang cukup dan impor dari Australia dan negara lain terus berlanjut tanpa hambatan, sehingga langkah Indonesia tidak akan berdampak serius," kata Wakil Menteri Perindustrian Korsel, Park Ki-young, dikutip dari Korea Herald.

Baca Juga: Bak 'Guru dan Murid', Hasto PDIP Ungkap Sisi Lain Risma dan Gibran Kader PDIP untuk Pilgub DKI 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat