kievskiy.org

Bangun Semangat Siswa Belajar, Kementerian PUPR Renovasi 10.000 Sekolah

KEMENTERIAN PUPR merenofasi sekolah.
KEMENTERIAN PUPR merenofasi sekolah. /dok. setkab

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi.

Hal ini guna mendukung program pembangunan sumber daya manusia (SDM) dari sisi infrastruktur pendidikan agar siswa dapat fokus belajar dengan baik pasca berakhirnya pandemi COVID-19.

Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian PUPR mendapat tugas tambahan untuk melakukan percepatan pembangunan dan rehabilitasi sebanyak 10.000 sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia pada 2019-2024.

Baca Juga: Ditolak Malaysia, Lusinan Pengungsi Rohingya Ditempatkan di Pulau Terpencil di Bangladesh

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, standar pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah harus baik.

Sekolah pun dilengkapi oleh fasilitas olahraga, penyediaan air bersih dan sanitasi yang baik termasuk tempat cuci tangan, penataan lansekap (taman), dan tahan gempa.

“Standar bangunan dan kelengkapannya agar bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun,” ujar Basuki dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam Setkab.

Basuki pun berharap dengan rehabilitasi bidang pendidikan generasi mendatang dapat lebih pintar karena fasilitasnya sudah lebih baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat