kievskiy.org

Perdana Beroperasi, KA Serayu Pagi ke Arah Purwokerto Bawa 5 Penumpang

PETUGAS PT KAI berbincang dengan satu-satunya penumpang di dalam Kereta Api Luar Biasa (KLB) relasi Surabaya Pasar Turi – Bandung saat transit di Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Perjalanan perdana KLB ditujukan untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan pemerintah dengan menerapkan protokol pencegahan COVID -19 mulai 12 hingga 31 Mei 2020, dan saat berangkat dari Surabaya hingga Stasiun KA Madiun hanya membawa satu orang penumpang.
PETUGAS PT KAI berbincang dengan satu-satunya penumpang di dalam Kereta Api Luar Biasa (KLB) relasi Surabaya Pasar Turi – Bandung saat transit di Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Perjalanan perdana KLB ditujukan untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan pemerintah dengan menerapkan protokol pencegahan COVID -19 mulai 12 hingga 31 Mei 2020, dan saat berangkat dari Surabaya hingga Stasiun KA Madiun hanya membawa satu orang penumpang. /ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.

PIKIRAN RAKYAT - HARI pertama dioperasikannya KA Serayu Pagi  relasi Pasar Senen- Kiaracondong- Purwokerto mengangkut 5 penumpang yang memenuhi syarat sehat Covid-19. Sementara, untuk KA Serayu Pagi ke arah Pasar Senen belum ada penumpang yang diangkut.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, pada hari pertama dioperasikannya kembali KA Serayu Pagi  relasi Pasar Senen- Kiaracondong - Purwokerto ada sembilan calon penumpang yang datang ke Stasiun Kiaracondong. Namun, dari jumlah tersebut sebanyak empat orang tidak diperkenankan melakukan perjalanan karena tidak memenuhi persyaratan, yakni surat bebas Covid-19.

Persyaratan yang diberlakukan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Erick Thohir Beberkan Tiga Alasan Pangkas Setengah Direksi Pertamina

"Hari ini ada 5 penumpang yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong menggunakan KA Serayu Pagi ke arah Purwokerto. Sedangkan untuk KA Serayu Pagi ke arah Pasar Senen penumpangnya belum ada," kata Noxy, Jumat 12 Juni 2020.

Kapasitas angkut KA Serayu Pagi terdiri dari 636 tempat duduk. Namun untuk memenuhi ketentuan hanya 70 persen dari kapasitas yang ada atau sekitar 445 tempat duduk yang dijual.

Baca Juga: Cianjur Belum Mengajukan AKB, Meski Termasuk Wilayah Zona Biru

Daop 2 mulai mengoperasikan KA Jarak Jauh, Jumat 12 Juni 2020. Total terdapat 3 KA Jarak Jauh yang dioperasikan kembali, yakni  KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar PP. Berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 23.15, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasar Senen. Berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 14.06, dan KA Serayu Pagi relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto. Berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 13.35.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan pelayanan di loket stasiun, hanya melayani penjualan tiket go show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” katanya.

Baca Juga: Meski Ada Persinggungan, Kasus Rasisme di Papua dan Pembunuhan Floyd Tidak Bisa Disamakan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat