kievskiy.org

Penyebab Utama Susahnya Selesaikan Utang Pinjol: Malas

Ilustrasi malas.
Ilustrasi malas. /Pixabay/mohamed_hassan

PIKIRAN RAKYAT - Konsultan keuangan, Roy Shakti menekankan bahwa korban pinjaman online (Pinjol) kesulitan menyelesaikan utangnya karena terlalu malas. Padahal jika berusaha, pasti utang tersebut bisa dilunasi.

Dia menuturkan bahwa korban harus menggunakan kesempatan selama tubuh masih sehat. Dia juga mengingatkan agar jangan jadi pengemis online dengan meminta-minta melalui pesan pribadi (DM).

"Intinya apa? Pergunakan. Selama tanganmu masih bisa bebas bergerak, kakimu masih bebas melangkah, pikiranmu masih bebas, kesempatan cari uang itu banyak zaman sekarang ini," kata Roy Shakti dalam video yang diunggah pada 29 Desember 2021.

"Jangan jadi pengemis online, masih sehat, masih seger buger, jadi pengemis online minta-minta di DM. Gimana caranya? Gojek bisa, banyak cara. Kembali pada anda, tinggal Anda dan niat enggak? tapi memang dasarnya kalau orang males ya susah," tuturnya.

Baca Juga: Tips Cari Kerja untuk Selesaikan Utang Pinjol, Konsultan Keuangan: Cari yang Kalah Waktu, Menang Uang

"Satu hal yang tak ada obatnya itu males, akhirnya jadi pengemis online, ikut money game, itu kan orang-orang males," ujarnya menambahkan.

Cara Melunasi Utang Pinjol

Roy Shakti membeberkan cara menyelesaikan utang bagi masyarakat yang terlilit pinjaman online. Dia menuturkan, hanya ada satu cara dalam menyelesaikan permasalahan utang tersebut.

Pakar kartu kredit dan pinjaman untuk pengusaha itu menuturkan bahwa korban pinjol perlu mengingat satu hal ketika akan menyelesaikan utang pinjol. Dia menyarankan agar pembayaran utang tersebut jangan dilakukan dengan cara menyicil.

"Sudah, lebih baik macetin dulu, hadepin debt collector dulu, nanti dinego. Intinya apa? Lebih baik uang itu anda kumpulin untuk bayar pokok aja. Sebar data, sebar apa, biarin lah sudah, malu malu dikit sudah terlanjur, enggak apa-apa," ucap Roy Shakti dalam video yang diunggah 29 Desember 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat