kievskiy.org

Konsep Cut Loss dan Galbay Utang Pinjol Punya Arti Berbeda, Begini Penjelasannya

Ilustrasi utang.
Ilustrasi utang. /Pixabay/Rilsonav Pixabay/Rilsonav

PIKIRAN RAKYAT - Istilah cut loss belakangan muncul dan sering dijelaskan oleh para influencer keuangan. Istilah ini bisa diartikan sebagai salah satu strategi untuk melunasi utang yang menumpuk.

Dalam dunia keuangan atau pinjaman, selain cut loss, ada pula istilah gagal bayar (galbay) yang biasanya disamakan dengan cut loss. Nyatanya, kedua istilah ini punya pengertian yang jauh berbeda.

Galbay merupakan istilah bagi debitur yang nekat tidak membayar sisa utang di pinjaman online, kartu kredit, atau bank karena tidak kuat lagi membayar.

Baca Juga: Daftar Pahlawan Nasional Perempuan Indonesia yang Memperjuangkan Kemerdekaan Melawan Belanda

Galbay punya risiko lebih besar, salah satunya bisa mempengaruhi skor kredit di SLIK OJK debitur. Imbasnya, jika skor kredit buruk, maka debitur yang galbay akan kesulitan mengambil kredit di masa depan.

Daripada mengambil langkah galbay, debitur disarankan untuk mengambil langkah cut loss.

Konsep Cut Loss

Influencer keuangan Roy Shakti menjelaskan apa dan bagaimana strategi cut loss dalam melunasi utang yang menumpuk.

Baca Juga: Tips Membeli Set Top Box yang Aman, Perhatikan Sejumlah Tanda Khusus

"Definisi cut loss yang sebenarnya adalah menunda pembayaran," kata Roy Shakti dikutip dari video yang diunggah di akun TikTok-nya pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Menurutnya, pembayaran bisa ditunda sampai debitur memiliki uang cukup untuk melunasi sisa utang pokok pinjaman atau bank.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat