kievskiy.org

Tips Bijak Kelola THR Lebaran 2024, Lebih Berkah dan Bermanfaat

Ilustrasi rupiah.
Ilustrasi rupiah. /Pixabay/iqbalnuril

PIKIRAN RAKYAT - Tunjangan Hari Raya (THR) tentunya menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

THR merupakan hak pekerja, yang wajib dibayarkan oleh perusahaan paling lambat H-7 Lebaran. Pemberian THR ini bertujuan untuk mendorong konsumsi dan stabilitas ekonomi Indonesia.

Apalagi, kebutuhan Lebaran tak sedikit. Mulai dari baju baru, kue, hampers, hingga berbagi uang dengan sanak saudara. Semua itu tentunya membutuhkan dana ekstra.

Baca Juga: Kapan THR 2024 PNS Cair? Ini Jadwal dan Besarannya

Namun, penggunaan yang tak bijak seringkali membuat dana THR menjadi cepat habis. Maka dari itu, penting untuk merencanakan penggunaan THR dengan matang.

Dilansir dari laman Sikapi Uangmu milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut 5 tips mengelola THR Lebaran agar tidak boros:

Bayar Cicilan dan Utang

Prioritaskan dana THR untuk membayar cicilan atau utang terlebih dahulu, akan lebih apabila kamu melunasinya.

Hal ini tentu saja sangat penting. Sebab dengan membayar cicilan dan utang, beban finansialmu setelah Lebaran akan berkurang.

Tabungan

Sisihkan 10 persen dari dana THR untuk tabungan. Sebab, kebutuhan saat Lebaran bukanlah satu-satunya kebutuhan yang harus kamu penuhi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat