kievskiy.org

4.900 Batang Rokok Ilegal Tanpa Pita Cukai Disita dari Pedagang di Melong Cimahi Selatan

4.900 batang rokok ilegal tanpa pita cukai disita dari pedagang di Melong Cimahi Selatan.
4.900 batang rokok ilegal tanpa pita cukai disita dari pedagang di Melong Cimahi Selatan. /Pikiran Rakyat/Ririn Nur Febriani

PIKIRAN RAKYAT - Petugas gabungan menyita ribuan batang rokok ilegal atau tanpa pita cukai yang disita dari sejumlah toko dan warung di Kota Cimahi, Jumat, 6 Oktober 2023. Banyaknya permintaan masyarakat membuat peredaran rokok ilegal masih tinggi di Kota Cimahi.

Razia digelar petugas Satpol PP Kota Cimahi bersama Bea Cukai, Kejaksaan, Kepolisian, dan TNI. Dalam operasi tersebut mereka menyasar sejumlah toko dan warung di wilayah Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan.

"Kita melaksanakan operasi bersama, sasarannya terutama di wilayah Kelurahan Melong Cimahi Selatan," ujar Kepala Bidang Penegakan Perda Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi Ranto Sitanggang melalui Kepala Seksi (Kasi) Lidik dan Sidik Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi Karsa Hudan Wiradiharja.

Hasil operasi didapat di 5 toko/warung di wilayah Melong. Berdasarkan pantauan saat operasi berlangsung, beberapa pedagang sengaja menyembunyikan rokok ilegal untuk mengelabui petugas.

Baca Juga: Jelang Berakhir Masa Tugas, Pj Wali Kota Cimahi Dikdik Lantik 4 Jabatan Kepala Dinas

"Dari hasil operasi ditemukan 4.900 batang rokok ilegal, dijual tanpa pita cukai dengan berbagai merek dan harga murah. Disimpannya tidak terbuka, ada yang disembunyikan dan baru dikeluarkan kalau ada pembeli yang mencari," katanya.

Menurut dia, masih kerap muncul merek baru yang ditemukan di lapangan. "Setiap kita operasi ke lapangan, pasti ditemukan merek rokok ilegal baru. Artinya sudah sangat beragam merek rokok ilegal yang beredar di masyarakat," ujarnya menjelaskan.

Terhadap rokok ilegal yang didapat langsung dilakukan penyitaan. "Terkait sanksi, untuk pedagang atau pemiliknya nanti diproses oleh Bagian Bea Cukai sesuai kewenangannya," tuturnya.

Dia mengatakan, tim gabungan sudah melakukan beberapa kali operasi di sejumlah wilayah Kota Cimahi. "Pedagang ada yang beli langsung lewat sales yang berkeliling, ada juga yang beli secara online," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat