kievskiy.org

Survei Ungkap Kegiatan Dunia Usaha Membaik pada Triwulan IV 2020, BI: Sejumlah Sektor Tumbuh Positif

Ilustrasi kenaikan ekonomi
Ilustrasi kenaikan ekonomi /Pixabay/Tumisu Pixabay/Tumisu

PIKIRAN RAKYAT - Kegiatan dunia usaha membaik pada triwulan IV 2020, meskipun masih dalam fase kontraksi. Indikasi tersebut berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), yang dilakukan Bank Indonesia (BI).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021, ia menyatakan adanya indikasi itu tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan IV 2020.

Survei menghasilkan perolehannya data sebesar minus 3,90 persen, membaik dari minus 5,97 persen pada triwulan III 2020.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Jawa Barat Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19 Mulai Besok

Erwin menjelaskan pula jika perbaikan kegiatan usaha didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif.

Kemajuan itu didorong faktor dari sektor pengangkutan dan komunikasi, keuangan, real estate dan jasa perusahaan, listrik, gas dan air bersih, serta jasa-jasa.

Hal ini membuktikan bahwa meski dunia terutama Indonesia yang sedang bertarung melawan pandemi Covid-19, namun tidak menurunkan semangat pelaku usaha untuk tetap menggiatkan eksistensinya dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Tak Kalah Bagus dari Kedelai Impor, Faktanya Kadar Protein Kedelai Lokal Produksi Batan Lebih Tinggi

Tak hanya itu, adanya perbaikan dari sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor industri pengolahan, dan sektor konstruksi terindikasi membaik. Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat