kievskiy.org

Jika PPKM Darurat Diperpanjang, Industri Manufaktur Minta Bisa Beroperasi dengan Syarat Ketat

Ilustrasi manufaktur. Industri manufaktur pantang mati di tengah perpanjangan PPKM Darurat, permintaan Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid.
Ilustrasi manufaktur. Industri manufaktur pantang mati di tengah perpanjangan PPKM Darurat, permintaan Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. /Pixabay/Quanlecntt2004

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah mewacanakan untuk memperpanjang penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang telah dimulai sejak 2 hingga 20 Juli 2021.

Perpanjangan PPKM Darurat ini diambil untuk meredam laju kasus Covid-19 di berbagai daerah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, terkait wacana PPKM Darurat tersebut, para pelaku usaha di sektor industri manufaktur meminta pemerintah untuk mempertimbangkan sejumlah aspek.

Tujuannya agar titik keseimbangan antara upaya menjaga kesehatan masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi nasional tetap bisa berjalan secara beriringan.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia per Selasa 20 Juli 2021, Kasus Covid-19 Hampir Tembus 3 Juta Jiwa

"Para pelaku usaha yang bernaung dalam berbagai organisasi dan asosiasi itu juga meminta agar pemberlakukan PPKM Darurat tetap memperkenankan industri manufaktur untuk bisa beroperasi dengan sejumlah syarat yang ketat," ujar dia dalam siaran persnya, Selasa 20 Juli 2021.

Para organisasi itu antara lain Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia, Asosiasi Persepatuan Indonesia, Gabungan Perusahaan Industri Elektronik dan Alat-alat Listrik Rumah Tangga Indonesia, Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia, Asosiasi Industri Plastik Indonesia, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia, serta Asosiasi Semen Indonesia.

Menurut dia, pada dasarnya para pelaku ekonomi mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk meredam laju pandemi Covid-19.

Namun, para pelaku usaha sektor industri manufaktur juga perlu memberikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah terkait wacana perpanjangan kebijakan PPKM Darurat tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat