kievskiy.org

Mataharikecil Summit Sukses Wadahi Diskusi Dampak PJJ Terhadap Pengembangan Karakter

Mataharikecil Summit pada 26 September 2021 lalu dengan tema “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik”.
Mataharikecil Summit pada 26 September 2021 lalu dengan tema “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik”. /Dok. Mataharikecil

PIKIRAN RAKYAT - Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan kondisi yang menyebabkan terhalangnya interaksi sosial, terhambatnya pendidikan, serta ekonomi yang disebabkan adanya wabah pandemi Covid-19.

Berdasarkan surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 3 Tahun 2020 serta surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Kemendikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan peserta didik untuk belajar dari rumah masing-masing.

Menyadari pentingnya karakter, banyak pihak yang menuntut peningkatan intensitas dan kualitas pelaksanaan serta pendidikan karakter. Tuntutan tersebut didasarkan pada fenomena sosial yang berkembang, yakni meningkatnya kenakalan remaja dalam masyarakat, seperti berbicara kurang sopan kepada orang yang lebih tua dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya. Hal tersebut disinyalir semakin marak terjadi saat diberlakukan pembelajaran jarak jauh.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Mataharikecil Community Jakarta selaku komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan, ingin menyediakan wadah diskusi bagi komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan untuk menyamakan persepsi terhadap kondisi pendidikan Indonesia saat ini, sehingga dapat menghasilkan sebuah grand plan yang dapat bermanfaat untuk masa depan pendidikan Indonesia.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Mataharikecil Community Jakarta untuk membuat perubahan demi kebaikan bersama. Hal itu dibuktikan dengan diselenggarakannya acara Mataharikecil Summit pada 26 September 2021 lalu dengan tema “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik”.

Baca Juga: Usai Gelar Aksi, Massa Buruh dan Mahasiswa Kritisi Dua Tahun Jokowi-Ma'ruf Bubar Dengan Tertib

Kegiatan ini menyatukan berbagai pihak seperti komunitas, ahli pendidikan, dan beberapa entitas lainnya untuk membahas dan memberikan solusi terkait dampak pembelajaran jarak jauh terhadap pengembangan karakter agar di masa pandemi ini, sehingga peserta didik tetap memiliki karakter mulia sesuai norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat.

Mataharikecil Summit pada 26 September 2021 lalu dengan tema “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik”.
Mataharikecil Summit pada 26 September 2021 lalu dengan tema “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik”.

Acara Mataharikecil Summit ini dibagi menjadi tiga sesi, yakni sesi webinar yang diisi oleh seorang pemerhati pendidikan, yaitu Bapak Doni Koesoma A., M.Ed., lalu sesi Focus Group Discussion (FGD), dan sesi penyusunan grand plan. Pada sesi FGD, para delegasi dibagi ke dalam 3 breakout room untuk mendiskusikan solusi-solusi terkait permasalahan perkembangan karakter peserta didik, dimana setiap breakout room dipimpin oleh para ahli pendidikan, seperti Tari Sandjojo (Kepala Akademis Sekolah Cikal), Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si (Ketua Humas UPI), dan Masniaritta Pohan (M&E Associate Manager Ruangguru).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat