kievskiy.org

Rata-rata Milenial Menabung Kurang dari 10 Persen dari Pendapatan Mereka

ILUSTRASI.*
ILUSTRASI.* /CANVA

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah studi yang berjudul “Alvara Indonesia: Gen Z and Millennial Report 2019” menunjukan bahwa milenial hanya mampu mengalokasikan pengeluarannya untuk ditabung kurang dari 10 persen.

Pengaruh gaya hidup yang dinamis ditambah minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan menjadi tantangan bagi generasi milenial untuk mengatur keuangan.

General Manager Kredivi, Lily Suriani mengatakan pembahasan seputar generasi milenial atau mereka yang berusia 21-36 terus menjadi topik yang seksi di tahun 2020.

Baca Juga: Mahasiswa Indonesia di Tiongkok: Butuh Masker dan Stok Pangan, Mohon Doanya karena Corona Masih Jadi Ancaman

Apalagi, tahun ini Indonesia mulai menghadapi fase bonus demografi dengan populasi milenial mencapai sepertiga atau 34% dari total populasi.

"Hampir semua pelaku industri, termasuk di sektor keuangan, berlomba - lomba untuk menggarap potensi yang menggiurkan dari generasi milenial.

"Berbagai pendekatan dan strategi bisnis diimplementasikan agar tetap relevan dengan milenial yang memiliki karakter unik, yaitu tumbuh bersama teknologi, dan beraktivitas secara serba digital," ujar Lily di Jakarta, Rabu 29 Januari 2020.

Baca Juga: Diduga dari Sup Kelelawar, Pakar Patologi IPB: Selain Corona, Ada 6 Virus Lain dalam Tubuhnya

Bagi industri fintech, generasi milenial pun menyumbang persentase basis konsumen yang besar. Di sisi lain, seringkali generasi milenial dianggap tidak memiliki strategi investasi dan pengelolaan keuangan yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat