kievskiy.org

Peran Kartel Tersembunyi Melebihi Pemerintah, Krisis Minyak Goreng Sudah 6 Bulan

Buruh berunjuk rasa di depan gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa 22 Maret 2022. Dalam aksinya, mereka menuntut harga minyak goreng turun dan harga bahan pokok turun jelang Ramadhan 2022.
Buruh berunjuk rasa di depan gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa 22 Maret 2022. Dalam aksinya, mereka menuntut harga minyak goreng turun dan harga bahan pokok turun jelang Ramadhan 2022. /Antara/Fakhri Hermansyah

PIKIRAN RAKYAT - Krisis minyak goreng telah berlangsung ­enam bulan. Meski pasokan kini melimpah, tidak ada yang tahu, apakah ini akhir dari krisis atau bukan? Musababnya, ­keberadaan minyak goreng saat ini tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Isu minyak goreng sejak awal 2022 hingga saat ini sepertinya masih menjadi bahan pembi­caraan tidak pernah habis.

Masya­rakat banyak yang tidak puas dengan kebijakan pemerintah dalam meng­atur komoditas itu. Pemerintah yang semula dinilai pro rakyat malah berbalik menjadi pro pengusaha.

Mengapa ada penilaian seperti itu? Hal tersebut kiranya tidak lepas dari kedudukan minyak goreng sebagai salah satu dari bahan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga: Zaman Segala Mahal Sudah Tiba, Beban Berat Kaum Murba

Baca Juga: Simak 7 Perbedaan Minyak Kelapa dan Minyak Sawit

Dengan kedu­duk­an itu, harga minyak goreng harus terjangkau. Komoditas lain yang masuk dalam sembilan bahan pokok adalah beras, gula pasir, daging sapi dan daging ayam, telur ayam, susu, bawang merah dan bawang putih, gas elpiji dan minyak tanah, serta garam.

Pemerintah mengakui te­lah kalah dari mafia. Kemen­terian terkait tidak mampu mengendalikan ketersediaan minyak goreng sehingga men­cabut aturan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan dan me­ngem­balikan penentuan harga kepada pasar.

”Negara saja kalah dari mafia, bagaimana dengan ma­syarakat?” kata Ketua Asosiasi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Jawa Barat (BPSK Jabar) Firman Turmantara Endipradja, Rabu 23 Maret 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat