kievskiy.org

Subsidi Kendaraan Listrik Sepi Peminat, Menperin: Membutuhkan Waktu

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang. /Pikiran Rakyat/Agus Gumiwang

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang optimistis banyak masyarakat yang akan beralih ke penggunaan motor listrik, maupun mobil listrik. Hal itu diungkapkan merespons isu insentif untuk pembelian mobil listrik akan sepi dari peminat. 

"Yang roda dua kan ini kebijakan kita keluarkan bulan April, ini relatif baru dua bulan," kata Agus saat ditemui di kawasan Karawang, Jawa Barat, Selasa 13 Juni 2023.

Agus mengklaim, lonjakan pembelian mobil listrik luar biasa setelah pihaknya melakukan kebijakan.

"Kalau roda dua itu memang sekarang persiapannya masih terus-menerus dilakukan karena ada beberapa kriteria," tuturnya. 

Baca Juga: Pakar: Gunakan Masker Bantu Cegah Penyakit dan Virus, Apalagi Dihadapkan dengan Kualitas Udara yang Buruk

Agus menyebut adapun beberapa prasyarat yang ditetapkan oleh pemerintah yang cukup ketat sehingga membuat akselerasi dari program ini masih perlu ditunggu.

Kendati demikian, dikatakan Agus, bantuan pemerintah untuk belanja serta pembelian kendaraan roda empat maupun roda dua bertujuan utama mengakselerasi pengembangan untuk pembangunan dari ekosistem. 

"Dan yang kedua mungkin next time membutuhkan waktu ya karena ini kita bicara mengenai mindset kita bicara soal kultur dari masyarakat kita sendiri ya ketika dihadapkan pilihan antara motor konvensional maupun motor listrik," tuturnya.

"Nah ini satu hal yang harus terus kita sosialisasi agar motor listrik itu dalam pemahaman-pemahaman mereka dalam pengertian mereka dalam mindset mereka itu sesuatu hal yang bisa diterima," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat