kievskiy.org

Cara Atasi Teror DC Pinjol Ilegal Menurut Konsultan Keuangan, Cukup Modal Rp50.000

Ilustrasi pinjol.
Ilustrasi pinjol. /Antara/Nova Wahyudi

PIKIRAN RAKYAT – Konsultan keuangan, Roy Shakti, membagikan tips mengatasi teror debt collector pinjaman online ilegal (DC pinjol) dengan modal Rp50 ribu saja. Roy prihatin dengan maraknya kasus teror DC pinjol  di tengah masyarakat.

“Kalau kita paham dan tahu caranya (menghindari terror DC pinjol ilegal), Anda dapat menyelesaikannya dengan Rp50 ribu. Berapa pun utang Anda, akan selesai,” kata Roy Shakti.

Roy mengatakan, masyarakat harus memahami terlebih dahulu cara kerja pinjol ilegal. Menurutnya, pinjol ilegal mau meminjamkan uang lantaran mengambil jaminan berupa data-data pribadi seperti kontak telepon, gambar foto, dan rekaman percakapan yang ada di dalam telepon.

“(Data-data tersebut) diambil dengan persetujuan Anda. Ketika Anda mengajukan pinjaman lewat aplikasi, Anda menyetujui (aplikasi) mengakses data handphone, Anda klik 'Iya, iya, iya,'” kata Roy Shakti menjelaskan.

Baca Juga: Cara Cek BI Checking atau SLIK OJK Online dan Dokumen yang Harus Disiapkan

Data-data tersebut menjadi jaminan pinjaman sehingga ketika gagal bayar, maka pihak aplikasi akan menghubungi kontak dan menyebarkan data pengguna. Menurut Roy, hal tersebut sudah menjadi Standar Operational Procedure (SOP) setiap aplikasi pinjol.

Cara Menghindari

Dijelaskan Roy, untuk menghindari teror DC pinjol ilegal, peminjam harus memahami cara kerja dan SOP yang dilakukan oleh pihak aplikasi. Menurutnya, ketika pihak aplikasi memiliki data-data dari handphone peminjam, maka pihak DC akan menghubungi kontak-kontak yang ada melalui WhatsApp atau telepon.

Menurut Roy, tujuan DC menghubungi kontak yang tersimpan di handphone adalah membuat peminjam panik, takut, dan stres sehingga mau membayar utang yang telah diajukan melalui pinjaman ilegal.

Oleh karena itu, Roy mengatakan, jika pengguna telanjur meminjam uang di pinjaman ilegal dengan bunga yang sangat tinggi, maka pengguna dapat menghindari teror dengan modal Rp50 ribu.

Baca Juga: Utang Pinjol Masyarakat Jawa Barat Rp13,57 Triliun, Terbanyak Versi OJK

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat