kievskiy.org

OJK: Anak Muda Sulit Dapat Kerja, Beasiswa, dan Ajukan KPR Akibat Paylater

Ilustrasi Transaksi Online./
Ilustrasi Transaksi Online./ /Pexels/Bongkarn Thanyakij Pexels/Bongkarn Thanyakij

PIKIRAN RAKYAT - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan anak muda di Indonesia dalam menggunakan Pinjaman Online (Pinjol) dan PayLater. Tidak main-main, ancamannya mereka bisa sulit mendapatkan pekerjaan sampai tidak bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

OJK mengungkapkan bahwa tunggakan cicilan PayLater membuat banyak anak muda menjadi tidak bisa mengajukan KPR. Bahkan, hal itu pun banyak dikeluhkan oleh pihak Bank.

“PayLater ini sudah nyata banget," ucap Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Frederica Widyasari Dewi dalam sesi doorstop setelah Konferensi Pers di Menara Radius Prawiro di Jakarta, Jumat 18 Agustus 2023.

Baca Juga: 4.000 Mahasiswa Baru UIN Surakarta Diminta Daftar Pinjol, OJK: Kami Akan Panggil Pihak Terkait

"Beberapa bank kemarin mengeluhkan ke kami, anak- anak muda banyak yang harusnya ngajuin KPR rumah pertama, tapi enggak bisa karena ada utang di PayLater. Itu kadang Rp300.000, Rp400.000, kemudian jelek kan kredit score-nya,” tuturnya menambahkan.

PayLater dan SLIK OJK

Pada saat ini, layanan PayLater sudah tercatat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK atau dulunya bernama BI Checking. Sehingga apabila terdapat tunggakan, akan mempengaruhi kredit scoring individu yang bersangkutan.

Dengan demikian, OJK mengingatkan kepada generasi muda untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan terkait keuangan mereka. Apalagi, seiring dengan maraknya kasus yang menjerat anak muda terkait dengan pinjaman online (pinjol) dan sejenisnya sepanjang 2023.

“Anak muda itu harus hati-hati. Masa depannya bisa terganggu kalau dari sekarang mereka nggak hati-hati dalam mengelola uang, dalam berhutang kayak gitu,” ujar Frederica Widyasari Dewi.

Baca Juga: Hindari Jebakan Pinjol, Bunga yang Ditawarkan Harus Sesuai Izin dan Ketentuan OJK

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat