kievskiy.org

Impor Melonjak Saat Pandemi Covid-19, Mendag: Jika Menganggu Industri Kita Setop

MENTERI Perdagangan juga melakukan evaluasi untuk merelaksasi larangan ekspor alat pelindung diri.*
MENTERI Perdagangan juga melakukan evaluasi untuk merelaksasi larangan ekspor alat pelindung diri.* /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengakui terjadi lonjakan impor selama masa pandemi berlangsung beberapa bulan terakhir.

Pemerintah saat ini tengah melakukan evaluasi untuk kembali melakukan pengetatan impor terhadap produk-produk yang tidak berkaitan dengan industri dalam negeri.

Agus mengatakan, dirinya telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan tindakan tegas jika ada barang-barang impor yang masuk atau beredar di Indonesia tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga: Ratusan Santri Cirebon Jalani Swab Test Massal, Sebelum Kembali ke Pesantren di Jawa Timur

“Kita lakukan pengawasan, jika ada produk-produk ini yang menggangu industri akan kita setop,” ujar dia saat media briefing di Jakarta, Kamis, 11 Juni 2020.

Menurut Agus, pemerintah berencana untuk memperketat impor barang masuk ke Indonesia. Hal itu terutama produk yang tidak memiliki kaitan dengan bahan baku industri domestik.

Meskipun demikian, Agus belum bisa menyebutkan jenis jenis produk yang akan diperketat impornya tersebut. Saat ini Kementerian Perdagangan tengah melakukan evaluasi dengan beberapa kementerian dan industri terkait mengenai produk-produk yang akan diperketat impornya tersebut.

Baca Juga: Gunakan Teknologi GPR, Sejumlah Arkeolog Berhasil Tangkap Detail Penampakan Kota Romawi

“Kami tidak bisa memutuskan sendiri jenis jenis produknya, perlu melakukan koordinasi dengan kementerian lain terutama perindustrian. Kita lihat mana saja produk yang support industri kita. Kemungkinan pekan depan baru bisa keluar (hasilnya),” ujar dia.

Sementara itu untuk ekspor, Agus mengatakan, dirinya optimis pertumbuhannya masih tetap akan positif meskipun sedikit melambat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat